Jenis-Jenis Tahu dan Proses Pembuatannya




Tahu yang adalah makanan yang tidak asing untuk masyarakat Indonesia ternyata bukan berasal dari Indonesia, lho. Tahu ternyata berasal dari Tiongkok. Nama tahu berasal dari bahasa Hokkian yakni tauhu yang berarti kedelai yang difermentasi. Hal ini merupakan cerminan dari penciptaan tahu. Kemudian kata tauhu pulang menjadi tahu.

Pada awalnya, tahu melulu berwarna putih. Akan tetapi, seiring berkembangnya zaman, tahu pun muncul dengan ragam tekstur dan rasa. Apa sajakah jenis-jenis tahu kini ini dan bagaimana proses pembuatannya?

  • Tahu Putih
Sangat gampang dan tidak sedikit dijumpai di pasar serta supermarket, tahu ini berwarna putih laksana namanya, padat, dengan pori-pori yang cukup besar. Tahu putih seringkali bertekstur sangat empuk sehingga gampang hancur.

Karena teksturnya yang empuk inilah tahu putih dapat diubah menjadi apa sajatergolong sebagai bahan dasar tahu gejrot. Dipotong kemudian digoreng biasa, bisa. Dihancurkan guna dijadikan gabungan perkedel, kroket, atau nugget pun bisa.

Jika berkeinginan membuat makanan berbahan dasar tahu putih yang dihancurkan, usahakan kita memberi ekstra bahan lain. Jenis bahan laksana tapioka, terigu, atau telur sebagai perekat supaya adonan tahu bisa terbentuk dengan baik.

Bila akan melakukan pembelian tahu, usahakan sesuaikan dengan keperluan Anda. Jangan melakukan pembelian tahu terlalu tidak sedikit untuk ditabung selamasejumlah hari. Tahu yang ditabung selama 2 hari bakal berubah wewangian dan teksturnya meskipun ditabung di dalam kulkas dan dikukus.

  • Tahu Crispy Putih
Juga dikenal dengan tahu bulat, tahu pong mempunyai tekstur yang bertolak belakang dari tahu putih yakni berpori-pori besar dan bentuknya bulat. Ketika digoreng,unsur luar tahu pong mempunyai kulit kering sementara bagian dalamnya berongga.

Tahu pong seringkali dinikmati sebagai camilan bareng dengan cabe hijau. Rasapribumi tahu pong telah gurih, dimakan tanpa ekstra rasa pun telah enak. Tetapiandai Anda menambahkan bubuk cabe, sensasi pedas gurih dari tahu ini akanmenciptakan ketagihan.

  • Tahu Sutera
Tahu sutera pun dikenal dengan nama tofu. Nama “sutera” diserahkan karena tahu ini bertekstur paling lembut dan rapuh.

Tahu sutera seringkali berwarna putih, tetapi pun ada yang berwarna tidak banyak kuning. Salah satu komposisi dari tahu sutera yang tidak banyak kuning ini ialah telur, maka dari tersebut tahu ini dinamakan dengan egg tofu. Sedangkan tahu sutera yang mempunyai komposisi udang dinamakan dengan shrimp tofu.

Tahu sutera seringkali dapat ditemukan di supermarket atau di pasar dalam format kemasan yang kedap udara. Pada kemasan tersebut pun tertera tanggal kedaluwarsanya.

Untuk teknik penyimpanannya, Anda bisa menaruhnya ke dalam lemari pendingin. Akan tetapi andai tahu sutera itu tidak dalam kemasan kedap udara, maka Anda melulu perlu merendamnya ke dalam air kemudian simpan di dalam lemari pendingin.

Karena teksturnya yang paling lembut dan rapuh, Anda butuh berhati-hati saat memotongnya. Gunakan pisau yang tajam supaya tidak hancur saat dipotong. Ketikakita menggoreng tahu sutera, tidak boleh membolak-baliknya terlampau sering. Begitu pula andai Anda memasukkan tahu ini ke dalam sup, masukkan sangat akhir dantidak boleh diaduk.

  • Tahu Kuning
Tahu kuning pun dikenal dengan nama tahu takwa atau tahu Kediri sebab asal produksinya ialah dari Kediri. Sesuai dengam namanya, tahu ini berwarna kuning sehingga gampang untuk mengenalinya. Tahu ini bertekstur paling padat, lembut, kenyal, dan berpori halus.

Karena teksturnya yang lebih padat dan tidak gampang hancur, tahu kuning gampang untuk diolah. Anda bisa menggorengnya begitu saja kemudian dijadikan lauk. Ketika digoreng, unsur luarnya bakal kering dan renyah namun bagian dalamnya tetap lembut.

Saat bakal dimasak, kita tidak butuh menambahkan garam. Karena warna kuning pada tahu adalahhasil dari tahu yang direndam dalam larutan garam dan kunyit.

  • Tahu Kulit
Tahu kulit yang sangat populer ialah tahu Sumedang. Ciri khas tahu ini yakni kulitnya yang berwarna cokelat saat digoreng dan unsur dalamnya yang berongga. Tahu ini telah siap guna disantap, sampai-sampai Anda tidak butuh mengolahnya lagi. Menikmati tahu kulit sangat sesuai jika ditemani cabai hijau.

  • Tahu Air
Tampilan tahu air sekilas laksana tahu putih sebab keduanya mempunyai warna yang sama-sama putih. Akan tetapi, tekstur tahu air lebih empuk dan lembut sebab terbuat dari gumpalan susu kedelai yang lantas dipadatkan.

Tahu air sangat sesuai jika diubah menjadi sapo. Anda pun dapat memotongnya kecil-kecil kemudian digoreng guna dijadikan camilan yang gurih dan sedap.

  • Tahu Susu
Tahu susu ini mempunyai tekstur yang serupa dengan tahu air. Bedanya, tahu susu lebih padat daripada tahu air dan rasanya juga lebih gurih.

Cara penciptaan tahu susu ialah dengan menggumpalkan susu yang mempunyai kualitas rendah dengan asam laksana cuka atau air lemon. Setelah itu, unsur susu yang menggumpal diceraikan dari unsur cairnya. Kemudian, unsur yang menggumpal itu dipadatkan sampai membentuk tahu


Komentar

Postingan Populer